Hatsusekku, adalah peringatan hari anak laki-laki yang pertama. Hari anak laki-laki sendiri jatuh pada tanggal 5 Mei, tapi karena sejak tanggal 29 April sudah libur (yang dinamakan Golden Week), kapan saja dalam satu minggu itu kita bisa merayakan hari anak laki-laki.

Biasanya di tokonoma (tempat pajangan dinding pada kamar tatami) akan dihias boneka untuk anak laki-laki. Kira-kira sebulan sebelum hari ini, di tiap rumah yang mempunyai anak laki-laki akan menghias rumahnya dengan bendera berbentuk ikan koi, yang disebut Koi Nobori. Semakin kaya keluarga itu, semakin besar dan bagus bender yang dipasang. Karena kami tinggal di mansion (apartemen) jadi tidak memasang bendera seperti itu.

hiasan untuk hari anak-anak

Jaman dahulu, untuk merayakan hari anak laki-laki ini, keluarga akan membelikan replika baju samurai yoroi, topi/helm samurai kabuto, dan sebagai tambahan patung anak laki-laki kuat dalam dongeng Kintaro. Semakin besar, semakin lengkap menunjukkan kekayaan keluarga itu. Dan  memang harga satu set perlengkapan ini tidak main-main. Satu kabuto helm samurai saja, bisa berharga 250.000 yen di sebuah departemen store terkenal. Baru kabuto, belum yoroi (yang biasanya jarang dipunyai).

Berfoto di depan hiasan yoroi dan detil-detil lainnya. Kiri : Riku, Kanan : Kai

Karena Riku lahir Februari, sedangkan acara hatsusekku Mei, jadi belum 3 bulan usianya, dan bisa dipakaikan kabuto tanpa perlawanan berarti. Tapi waktu Kai yang lahir Juli, berarti dirayakan Mei tahun berikutnya, dia sudah hampir 10 bulan, lebih sulit untuk dipasangkan topi kabuto di kepalanya.

Riku dan Kai dengan kabuto (topi samurai)

 

cerita mengenai hari anak-anak bisa dibaca di:

http://imelda.coutrier.com/2009/05/06/bouya/

http://imelda.coutrier.com/2011/04/20/koinobori/

http://imelda.coutrier.com/2011/05/05/kashiwa-mochi/

About Imelda

Seorang tanpa suku bangsa yang tetap mencintai Indonesia meskipun tinggal di Tokyo. Dosen bahasa Indonesia, penerjemah, editor/proof reader, narator.

One response »

  1. paperq jogja says:

    ku prnh liat helm kabuto ini di dorama jepang Yoshitsune (slh satu dorama fav ku), tnyata harganya wuiiiiiiiiiih mantap…tp emang kereeeeeeen sich ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s